Menentukan topik spesifik untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan tahapan kelima dari perencanaan projek. Adapun tahapan sebelumnya yaitu menentukan alokasi waktu dan dimensi, menetapkan tim projek, identifikasi kesiapan, dan pemilihan tema utama
Contoh Topik Projek SMA menjadi pemicu bagi kepala SMA dan Tim fasilitator projek untuk mengembangkan topik sesuai tuntutan dan tantangan sekitar sekolah.
Tema 1. Gaya Hidup Berkelanjutan
- SMA Fase E/F
- Mendesain sistem pengelolaan sampah untuk mengatasi permasalahan banjir di lingkungan sekitar satuan pendidikan
- Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam
- Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
Tema 2. Kearifan lokal
- SMA Fase E/F
- Gelaran seni yang memadukan elemen teknologi dan tradisi
- Fokus: Akhlak kepada manusia
- Menghargai perbedaan identitas (ras, agama, dll.) dan menampilkan apresiasinya atas perbedaan dalam bentuk aktivitas
- Menggali berbagai warisan budaya terkait seni dan menemukan cara mengenalkannya secara luas dengan memanfaatkan teknologi
Tema 3. Bhinneka Tunggal Ika
- SMA Fase E/F
- Merencanakan dan melaksanakan bakti sosial di lingkungan sekitar satuan pendidikan, merespons isu kemanusiaan yang terjadi di masyarakat terdekat
- Fokus: Akhlak kepada manusia
- Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama,
- Menawarkan titik temu kolaborasi dan
- Mengidentifikasi pihakterkait untuk penyelesaiannya.
Tema 4. Bangunlah Jiwa dan Raganya
- SMA Fase E/F
- Koordinasi kegiatan OSIS antarsatuan pendidikan dalam bentuk kepanitiaan untuk kampanye dan aksi untuk menjaga kesehatan fisik dan mental remaja di lingkungan satuan pendidikan.
- Fokus: Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama, menawarkan titik temu kolaborasi dan mengidentifikasi pihak terkait untuk penyelesaiannya.
Tema 5. Suara Demokrasi
- SMA Fase E/F
- Merancang alur pemilihan pengurus OSIS satuan pendidikan, membuat rencana kerja tahunan yang bisa melibatkan peserta didik dari berbagai jenjang, merencanakan program pengayaan untuk para pengurus dan kaderisasinya, dengan bantuan dewan penasihat OSIS satuan pendidikan
- Fokus: Akhlak kepada manusia
- Menunjukkan karakter toleransi pada orang dan kelompok lain serta
- Berupaya mengutamakan kemanusiaan di atas perbedaan (agama, ras, suku, warna kulit, dll.) dan membantu orang lain.
- Mengapresiasi dan memberikan kritik yang konstruktif demi kemajuan orang lain dan lingkungan sekitarnya
Tema 6. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI
- SMA Fase E/F
- Merancang projek kebun organik yang berkelanjutan dilengkapi dengan alur kewirausahaannya
- Fokus: Akhlak kepada alam
- Mengidentifikasi masalah lingkungan hidup di tempat dia tinggal dan
- Melakukan langkah-langkah konkret yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan dan
- Menjaga keharmonisan ekosistem yang ada di lingkungannya.
Tema 7. Kewirausahaan
- SMA Fase E/F
- Merintis koperasi sederhana di lingkup satuan pendidikan
- Fokus: Akhlak pribadi
- Merumuskan nilai-nilai moralnya sendiri,
- Menyadari kekuatan dan keterbatasan dari nilai-nilai tersebut, sehingga bisa menerapkannya secara bijak dan kontekstual