Home Profil Sekolah Sejarah

Sejarah

GAMBARAN UMUM SEKOLAH

Sejarah SMA Negeri 1 Tualang

SMA Negeri 1 Tualang Kecamatan Tualang merupakan sekolah yang berawal dari SMA Swasta Pemda  Tualang yang didirikan atas prakarsa masyarakat Tualang yang dominan berasal dari suku bangsa yang berbeda-beda. Di mana pada saat itu SMA Swasta Perawang  merupakan sekolah Menengah Umum  yang ada dan berdiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tingkat Perguruan Tinggi.

Tepat pada tahun 1997 SMA Swasta Pemda Perawang telah ditetapkan sebagai Sekolah SMA Swasta Pemda di Kecamatan Tualang yang ada satu-satunya di Perawang pada waktu itu  kemudian menjadi SMA Negeri 1 Tualang dan tepat pada tahun 2002.Kemudian  SMA ini berubah nama menjadi SMA Negeri 4 Siak Pada Tahun 2009 s/d Tahun 2012 Kemudian berubah kembali menjadi SMA Negeri 1 Tualang pada Tahun 2012 sampai dengan sekarang.

   Sekolah ini menjadi Favorit dan kebanggaan masyarakat Tualang, di samping sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN) Mandiri juga dipersiapkan menjadi sekolah bertaraf Internasional. Di mana sekolah ini berawal dari Sekolah Binaan, Sekolah Standar Mandiri dan saat ini menjadi SSN  Sekolah Standar Nasional).

Secara geografis SMA Negeri 1 Tualang di Kecamatan Tualang terletak di tengah-tengah kota industri dan sangat dekat  dengan pusat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Siak. Dengan strategisitas SMA Negeri 1 Tualang  memungkinkan sekolah menjaring siswa dari segala penjuru wilayah kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Sekolah ini dari sisi keterjangkauan juga sangat mudah,hanya sekitar + 50 km dari pusat pemerintah kota dan Propinsi Riau juga dekat pusat perbelanjaan, sehingga memang memiliki kelebihan dibandingkan sekolah SMA negeri yang lain.

Secara demografis, siswa datang dari berbagai macam bentuk kedudukan perekonomian begitu juga orang tua siswa bermata pencarian heterogen baik PNS, TNI, POLRI, Karyawan, Anggota Dewan sampai pengusaha yang berkompeten di daerah,sebagian besar orang tua tinggal dikota yang merupakan pusat keramaian dan pusat pertumbuhan ekonomi.Namun demikian dalam kaitan dengan ektensi sekolah sebagai besar orang tua memeliki kepedulian tinggi terhadap sekolah.

Oleh karena itu, perkembangan SMA Negeri 1 Tualang memiliki kelebihan yang berkaitan  dengan ekstensi sekolah, sebagian besar orang tua siswa khususnya program-program yang berkaitan dengan peningkatan kelulusannya. Masyarakat pada umumnya memahami bahwa dalam rangka pengembangan sekolah perlu kontribusi dan kerjasama yang optimal dari komite sekolah, secara historis SMA Negeri 1 Tualang memiliki sejarah panjang khususnya sejarah pendidikan tingkat sekolah atas, dari waktu ke waktu sekolah ini sejak semula setelah menjadi barometer pendidikan tingkat SMA di Siak khusus kecamatan Tualang fenomena ini didukung oleh profesional guru yang tinggi dan keseriusan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah. Dari prestasi siswa maupun sekolah, sekolah ini menjadi sekolah terdepan dalam bidang prestasi akademik dan non akademik baik tingkat kabupaten, propinsi Riau maupun tingkat nasional dan disegi hal lain sekolah ini juga menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan yang berkompeten sehingga mewujudkan visi dan misi SMA Negeri 1 Tualang.

  1. Motto

“ Beriman,berilmu,beramal,berakhlak dan berbudaya”

  1. Misi

   Perkembangan dan tantangan masa depan seperti : Mengembangkan bangsa yang berbudi pekerti luhur dan pusat pengembangan pendidikan IPTEK,seni budaya melayu yang unggul,bermartabat,dan memiliki daya saing dan tingkat global berdasarkan Iman dan taqwa.

  1. Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi berikut :

  1. Membentuk watak dan kepribadian siswa yang bermartabat dan berjiwa kebangsaan.
  2. Mengembangkan potensi kecerdasan intelekutual,emosional,dan spiritual siswa secara utuh (kognitif,afektif,psikomotorik,serta keagamaan
  3. Meningkatkan profesional dan akuntabilitas sekolah sebagai pusat pengembangan pendidikan berdasarkan standar nasional dan global
  1. Membudayakan peran serta stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan memiliki daya saing global berdasarkan prinsip Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS )
  2. Mengintensifkan kegiatan keagamaan
  3. Membudayakan disiplin sekolah
  4. Meningkatkan kompetensi warga sekolah
  5. Mengupayakan proses belajar mengajar yang optimal
  6. Membudayakan gemar membaca
  7. Mengupayakan tambahan belajar siswa diluar jam wajib
  8. Melengkapi sarana dan prasarana sekolah
  9. Mengintensifkan kegiatan OSIS dan eksrakurikuler
  10. Mengadakan senam Riau sehat setiap hari sabtu pagi
  11. Membudayakan hidup bersih,rapi dan indah

Tujuan : Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan,pengetahuan,kepribadian,akhlak mulia,serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Kurikulum

Pendidikan memiliki peran sentral bagi upaya pembangunan sumber daya. Adanya peran yang dimiliki, isi dan proses pendidikan perlu di mutakhirkan sesuai dengan kemajuan ilmu dan kebutuhan masyarakat, implikasinya jika ada pada saat ini masyarakat Indonesia dan dunia menghendaki tersedianya sumber daya manusia yang memilki seperangkat kompetensi yang berstandar Nasional dan Internasional, maka isi proses pendidikannya perlu di arahkan pada pencapaian kompetensi tersebut.

Adapun Kurikulum SMA Negeri 1 Tualang dapat dilihat di bawah ini:

  1. Pendidikan Agama Bahasa Jepang
  2. Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Arab
  3. Bahasa Indonesia mulok
  4. Bahasa Inggris
  5. Matematika
  6. Fisika
  7. Biologi
  8. Kimia
  9. Sejarah
  10. Geografi
  11. Ekonomi
  12. Sosiologi
  13. Seni Budaya
  14. Penjaskes
  15. TIK

Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Tualang  meliputi:

  • Pramuka
  • Rohis
  • Seni Bela Diri (Karakte, Taekwando, Silat)
  • Olahraga (Bola Kaki, Futsal, Badminton, Volly Ball,

    Dan tenis meja)

  • Kelompok Olimpiade Mata Pelajaran (Matematika, Biologi,Fisika,Kimia,Geografi,Ekonomi,

Bahasa Indonesia,Bahasa Inggris,Astronomi,Kebumian,Sejarah, )

Keadaan Guru

Tenaga pengajar dan tenaga kependidikan yang ada di SMA Negeri 1 Tualang ada yang S1,dan S2. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada tabel di bawah ini:

DATA GURU SMA NEGERI 1 TUALANG Keadaan Siswa 

Klik DATA GURU

Siswa merupakan salah satu komponen penting bagi berlangsungnya kegiatan pendidikan di sekolah. Antara guru dan siswa, keduanya merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Guru sebagai pendidik/pengajar sedangkan siswa sebagai anak didik. Jumlah siswa menurut data statistik tahun ajaran 2014/2015.

TABEL 3

KEADAAN SISWA SMA NEGERI 1 TUALANG  TAHUN PELAJARAN 2014-2015

BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Jumlah Siswa Menurut Tingkat dan Jenis Kelamin
Kls X.IPA Kls X.IPS Kls XI.IPA Kls XI.IPS Kls XII IPA Kls XII IPS Jumlah
PR 120 56 132 65 112 72 855
LK 63 47 70 37 55 26

Sumber: Tata Usaha SMA NEGERI 1 TUALANG TP. 2014-2015

Jumlah siswa/siswi SMA NEGERI 1 TUALANG secara keseluruhan 855

Sarana dan Prasarana

  1. Data sarana di SMA NEGERI 1 TUALANG

KEADAAN SARANA DI SMA NEGERI 1 TUALANG TAHUN 2015

No. Urut Ruang Ada Tidak Kondisi Ket
Jumlah Baik Rusak Ringan Rusak Berat
A. RUANG PENDIDIKAN
1 Ruang Teori/Kelas 24 23 1
2 Ruang Laboratorium Biologi 1 1
3 Ruang Perpustakaan
4 Ruang Olahraga
5 Ruang Kesenian
6 Ruang Komputer 1
7 Ruang Bimbingan
B. RUANG ADMINISTRASI
1 Ruang Kepala Sekolah 1
2 Ruang Wkl.Kepala Sekolah
3 Ruang Guru 1
4 Ruang Tata Usaha 1
5 Ruang Produksi/Penggandaan

Sumber: Tata Usaha SMA NEGERI 1 TUALANG  TP. 2014-2015

  1. Data Prasarana di SMA NEGERI 1 TUALANG

KEADAAN PRASARANA DI SMA NEGERI 1 TUALANG TAHUN 2014

No. Urut Ruang Ada Tidak Kondisi Ket
Jumlah Baik Rusak Ringan Rusak Berat
A. RUANG PENUNJANG
1 Ruang Ibadah/Musholla 1
2 Ruang Koperasi Sekolah 1
3 Ruang Serba Guna 1
4 Ruang kamar Mandi/WC
   a. Kepala Sekolah 1
   b. Majelis guru 2 4
   c. Siswa 12
5 Ruang UKS
6 Ruang Kantin / Kafetaria 1

Sumber: Tata Usaha SMA NEGERI 1 TUALANG TP. 2014-2015