SHARE

Gerakan cinta Alquran terus tumbuh di Bumi Negeri Istana. Salah satunya SMA Negeri 1 Tualang Kabupaten Siak dalam waktu dekat ini akan menjalankan program tahfidz (menghafal) Alquran.

Lewat program tahfidz Alquran, Kepala SMA Negeri 1 Tualang berharap cita-cita untuk melahirkan generasi hafidz-hafidzoh bisa tercapai. Selain itu, semakin dekat peserta didik dengan agama, kecerdasannya pun akan semakin meningkat.

Sekolah yang terletak di Kampung Perawang Barat Kecamatan Tualang itu akan menerapkan program tahfidz Alquran pada saat sebelum peserta didik mulai melakukan pelajaran.

Program Tahfidz Alquran ini adalah untuk mendekatkan peserta didik kepada Alquran untuk membaca, memahami, dan melaksanakannya. Melalui program ini diharapkan peserta didik memiliki sikap ramah, takwa, dan juga peka terhadap ilmu-ilmu umum lainnya. Selain itu dapat membawa peserta didik kearah sikap dan tingkah laku yang lebih baik.

“Dengan program ini diharapkan sebagai benteng bagi siswa agar jauh dari hal-hal yang negatif. Kita juga tak ingin anak tamat SMA tapi jadi imam tak bisa,” kata Kepala SMAN 1 Tualang kepada Infosiak.com kemarin.

Karena program tahfidz ini merupakan kegiatan Ekstrakulikuler sekolah maka akan menambah penilaian pelajaran agama. “Jadi bagi yang hafal kita tak segan-segan memberikan nilai tinggi,” jelasnya.

Secara teknis, peserta didik akan dikelompokkan menjadi tiga kelompok yakni kelompok dengan tingkat hafalan rendah, sedang dan tingkat hafalan tinggi.

Pembelajarannya dilaksanakan setiap pagi awal dimulainya pelajaran dengan waktu selama 15 menit dari Senin hingga Kamis. “Nanti juga akan ada buku kontrol dari orang tua,” tutup kepala sekolah Heri Yulindo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here